Warga China Menanti Ibu Negara Baru

Written By bopuluh on Senin, 12 November 2012 | 21.58

BEIJING, KOMPAS.com - Pekan ini China tak hanya menantikan seorang presiden baru. Negeri itu juga menantikan datangnya ibu negara paling glamor dalam sejarah dunia politik.

Ibu negara yang dimaksud adalah istri Wapres Xi Jinping, penyanyi pop terkenal China, Peng Liyuan. Setelah pekan ini, kegiatan Liyuan dipastikan bakal lebih sibuk sebagai ibu negara.

Kongres Partai Komunis China ke-18 hampir pasti akan memastikan Xi Jinping menjadi presiden baru untuk 10 tahun mendatang. Itu berarti, karier Peng Liyuan pasti akan berubah drastis.

Peng Liyuan bukan nama asing dalam bisnis hiburan di Negeri Tirai Bambu. Selama 25 tahun, dia sudah malang melintang di dunia tarik suara dan akting. Satu hal lagi, dia adalah perwira tinggi Tentara Pembebasan Rakyat dengan pangkat Mayor Jenderal.

Pada 2011, Liyuan berperan penting dalam peringatakan ulang tahun ke-90 Partai Komunis China. Saat itu dia tampil di hadapan para petinggi partai termasuk sang suami Xi Jinping.

Namun, Liyuan adalah istri kedua Jinping. Sehingga kemungkinan besar perannya sebagai ibu negara akan sangat terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali.

Partai Komunis tak menyukai kultus individu dalam politiknya. Sehingga, status Peng Liyuan nampaknya akan bergeser dari gemerlapnya dunia hiburan menjadi seorang Ibu Bangsa.

Saat ini saja, sudah sulit untuk mencari rekaman CD atau DVD Peng Liyuan di Beijing. Nampaknya, semua rekaman yang 'berbau' Peng Liyuan sudah disingkirkan sehingga semakin memperbesar dugaan bahwa Xi Jingpin memang akan menjabat presiden.

Meski Partai Komunis coba menghapus jejak dunia hiburan Liyuan, namun warga Beijing terlihat sangat bangga memiliki calon ibu negara yang memiliki banyak bakat seperti itu.

"Tentu saja seorang penyanyi bisa menjadi istri seorang pemimpin, apa yang salah dengan itu? Saya mengagumi suaranya," kata seorang warga.

"Saya sangat menyukai dia. Peng Liyuan perempuan terhormat," ujar warga lainnya.

"Saya sangat menunggu Peng Liyuan menjadi Ibu Negara China. Dia akan mengangkat citra perempuan China di seluruh dunia," ujar seorang laki-laki.

Dalam dunia politik China, seorang istri biasanya berperan sebagai "senjata rahasia". Seorang istri dengan pesona dan kepribadiannya diyakini bisa membantu karier sang suami.


Anda sedang membaca artikel tentang

Warga China Menanti Ibu Negara Baru

Dengan url

http://benefitsofbeans.blogspot.com/2012/11/warga-china-menanti-ibu-negara-baru.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Warga China Menanti Ibu Negara Baru

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Warga China Menanti Ibu Negara Baru

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger