KNKT: Tak Ditemukan Kerusakan Sistem di Sukhoi

Written By bopuluh on Senin, 17 Desember 2012 | 21.58

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Nasional Investigasi Transportasi (KNKT) mengumumkan final report investigasi kecelakaan pesawat Sukhoi RRJ-95B dengan nomor registrasi 97004 di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Dari hasil paparan, dapat ditarik kesimpulan bahwa kecelakaan pesawat yang dikenal dengan Sukhoi Superjet (SSJ) 100 itu terjadi bukan karena adanya kerusakan sistem.

Pimpinan Tim Invsetigasi In Charge (IIC) Marjono Siwosuwarno mengatakan, dari hasil pemeriksaan dalam memori modul di kedua black box SSJ 100 tidak ditemukan adanya kerusakan sistem. Kedua black box, Cockpit Voice Recorder (CVR) dan Flight Data Recorder (FDR) ditemukan dalam keadaan hangus namun masih dapat di-download memori modulnya dengan cukup baik.

CVR ditemukan pada 15 Mei 2012 berisi 2 jam rekaman percakapan, dan FDR ditemukan pada 31 Mei 2012 berisi 150 jam rekaman dari 471 parameter. Dari hasil percakapan, kata Sumarjono, pilot pesawat naas itu sempat melakukan komunikasi untuk meminta izin membuat orbit (lingkaran) dan turun ke ketinggian 6.000 kaki dari ketinggian sebelumnya yang mencapai 10.000 kaki.

Pilot pun membuat orbit dan menurunkan ketinggian setelah mendapat izin dari petugas lalu lintas udara. Namun demikian, belum tuntas membuat orbit, ada beberapa peringatan yang terus berulang karena pesawat berada di ketinggian yang sangat rendah dan agar kembali ke Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

Terakhir, peringatan yang tak pernah digubris menandakan bahwa pesawat telah berada di ketinggian 800 feet (mirip posisi landing) dengan keadaan belum membuka roda untuk mendarat dan melesat ke arah selatan (keluar dari jalur orbit).

"Bayangkan saat itu ada di atas gunung dengan kondisi langit yang tebal. Sebenarnya tabrakan bisa dihindari bila 24 detik sebelum tabrakan dilakukan recovery oleh pilotnya," kata Marjono di Aula KNKT, gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (18/12/2012).

Sementara itu, Ketua KNKT Tatang Kurniadi menjelaskan bahwa hasil investigasi ini disampaikan ke publik sebagai bentuk keterbukaan. Ia menegaskan, hasil investigasi ini bukan merupakan tuntutan, dan semuanya telah dilakukan sesuai azas yang berlaku di seluruh dunia.

"Nanti kita unduh ke internet bersamaan pada saat pihak Rusia mengunduhnya tiga jam setelah informasi ini diberikan," kata Tatang.

Seperti diketahui, pesawat SSJ 100 tersebut hilang saat melakukan demo terbang dari Bandar Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Rabu (9/5/2012) siang. Demo terbang tersebut menjadi bagian dari tur promosi pesawat penumpang terbaru buatan pabrikan pesawat Sukhoi dari Rusia ke beberapa negara Asia.

Pesawat berbadan besar itu dijadwalkan melakukan dua kali penerbangan pada hari itu. Setelah selamat pada penerbangan pertama, pesawat kemudian tinggal landas untuk penerbangan kedua sekitar pukul 14.12 WIB. Pesawat dijadwalkan terbang ke arah kawasan Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, kemudian memutar kembali ke Bandara Halim Perdanakusuma.

Setelah 21 menit tinggal landas, pesawat itu tiba-tiba hilang dari radar. Kontak terakhir terjadi saat pilot meminta izin ke menara pengendali lalu lintas udara untuk menurunkan ketinggian pesawat dari 10.000 kaki (3.048 meter) ke 6.000 kaki (1.829 meter). Pesawat berpenumpang ini sedang ditawarkan ke maskapai penerbangan di Indonesia.

Editor :

Ana Shofiana Syatiri


Anda sedang membaca artikel tentang

KNKT: Tak Ditemukan Kerusakan Sistem di Sukhoi

Dengan url

http://benefitsofbeans.blogspot.com/2012/12/knkt-tak-ditemukan-kerusakan-sistem-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KNKT: Tak Ditemukan Kerusakan Sistem di Sukhoi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KNKT: Tak Ditemukan Kerusakan Sistem di Sukhoi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger