Tanggul Jebol, 250 Rumah Terendam Banjir

Written By bopuluh on Minggu, 27 Januari 2013 | 21.58

TASIKMALAYA

Tanggul Jebol, 250 Rumah Terendam Banjir

Penulis : Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha | Senin, 28 Januari 2013 | 12:43 WIB

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 250 rumah warga di Kampung Bojong Soban, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, terendam banjir akibat sebuah tanggul Sungai Cikidang jebol pada Minggu malam. Pantauan Kompas.com, ratusan warga setempat terpaksa mengungsi akibat banjir sampai Senin (28/1/2013) pagi masih belum surut.

Air menggenang hampir di seluruh perkampungan di desa tersebut. Ketinggian mencapai 1 sampai 2 meter. Tanggul Sungai Cikidang merupakan anak Sungai Citanduy yang jaraknya puluhan meter dari wilayah perkampungan. Air sungai meluap akibat curah hujan tinggi terjadi di wilayah tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya H Kundang Sodikin mengatakan, pihaknya akan memberikan bantuan sementara berupa sembako dan tenda darurat. Banjir di kawasan ini memang selalu terjadi hampir tiap tahunnya. Sehingga, saat kejadian warga dengan sigap mengamankan diri masing-masing.

"Jumlah rumah yang terendam sebanyak 250 rumah. Paling parahnya yang terendam ada 80 rumah. Saat, ada air menggenang warga awalnya menanggap genangan biasa. Tapi, sampai malam hari, air semakin besar," jelas dia saat meninjau lokasi banjir pagi tadi.

Selain rumah warga yang terendam banjir, lanjut Kundang, sawah milik warga seluas 80 hektar mengalami gagal panen. Pasalnya, tanaman padi yang siap panen terendam air. "Sawah dan kolam pun terendam banjir. Untuk jumlah kerugian masih belum bisa ditentukan. Sawah terendam hampir 80 hektar sawah yang sudah didata," kata Kundang.

Idin (53), salah seorang warga setempat menyebutkan, saat terjadi banjir warga di kampungnya terpaksa mengamankan diri dan sebagian barang-barangnya. Mereka mencari lokasi yang lebih tinggi untuk menghindari jatuhnya korban jiwa. "Saat malam, anak-anak diselamatkan terlebih dulu. Soalnya, air banjir sampai tingginya dua meteran," ungkap dia. 

Editor :

Glori K. Wadrianto


Anda sedang membaca artikel tentang

Tanggul Jebol, 250 Rumah Terendam Banjir

Dengan url

http://benefitsofbeans.blogspot.com/2013/01/tanggul-jebol-250-rumah-terendam-banjir.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tanggul Jebol, 250 Rumah Terendam Banjir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tanggul Jebol, 250 Rumah Terendam Banjir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger