Berburu Air Suci Gereja Puhsarang

Written By bopuluh on Kamis, 28 Maret 2013 | 22.58

KEDIRI

Berburu "Air Suci" Gereja Puhsarang

Penulis : Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim | Jumat, 29 Maret 2013 | 12:11 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com - "Air suci" di kawasan gereja Santa Maria Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, masih menjadi pilihan bagi para peziarah. Selain sebagai pelepas dahaga, banyak pengunjung yang meyakininya sebagai obat.

"Banyak yang menjadi harapan saya. Salah satunya agar cepat selesai kuliah," kata Fransiskus, seorang peziarah asal Surabaya, Jumat (29/3/2013).

Selain Fransiskus, banyak juga peziarah lain. Mereka memadati pusat pengambilan air yang berada pada gua buatan dan terletak berdampingan dengan patung Maria. Kawasan gua Maria terletak di bagian tengah dari gereja Katolik yang mempunyai hamparan lahan cukup luas di lereng Gunung Wilis itu.

Air tersebut berasal dari air tanah yang disedot dan melalui proses sterilisasi. Setelah tercampur dengan air doa, air itu dialirkan pada beberapa kran air yang menempel pada dinding gua. Selain digunakan untuk minum, banyak juga dimanfaatkan untuk membasuh muka. Tempat pengambilan air minum dan membasuh muka terletak terpisah.

Ramelan, penjaga tempat air mengatakan, hampir seluruh pengunjung memanfaatkan air itu. Pada hari-hari tertentu, menurutnya lebih banyak peziarah yang datang dari berbagai daerah khusus untuk beribadah dan mengambil airnya. "Pada hari Jumat hitungan penanggalan Jawa," katanya.

Para pengunjung yang tidak membawa botol wadah air, tak perlu khawatir. Di pintu masuk kawasan gua Maria terdapat deretan pedagang kaki lima yang menjajakan makanan, souvenir, hingga botol dan jiriken kosong wadah air suci.

Gereja Santa Maria Puhsarang adalah gereja Katolik Roma yang dibangun sejak tahun 1936. Desain bangunannya cukup unik karena mengadopsi arsitektur bangunan Jawa dengan berbagai ornamen penuh simbol. Areal gereja ini terbilang cukup luas dengan kelengkapan bangunan meliputi gereja induk, pendapa, gua yang terdapat patung Maria berukuran besar, areal makam, taman nan hijau, serta lintasan jalan salib.

Keunikan desain bangunan terpadu dengan suasana alam yang masih hijau. Jalan setapak yang menghubungkan antar lokasi tersusun dari batu kali yang dipayungi oleh rindangnya pepohonan.

Editor :

Glori K. Wadrianto


Anda sedang membaca artikel tentang

Berburu Air Suci Gereja Puhsarang

Dengan url

http://benefitsofbeans.blogspot.com/2013/03/berburu-air-suci-gereja-puhsarang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Berburu Air Suci Gereja Puhsarang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Berburu Air Suci Gereja Puhsarang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger