Bundesliga dan La Liga Bukan Penguasa Dunia

Written By bopuluh on Senin, 15 April 2013 | 22.58

BERLIN, KOMPAS.com - Pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, tak sependapat jika Bundesliga (Liga Jerman) dan La Liga (Liga Spanyol) disebut sebagai penguasa sepak bola dunia, karena mereka menguasai semifinal Liga Champions. Menurutnya, itu belum kuat sebagai bukti.

Semifinal Liga Champions musim ini memang dikuasai klub Jerman dan Spanyol. Spanyol diwakili Real Madrid dan Barcelona, sedangkan Jerman diwakili Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund. Ini memunculkan penilaian bahwa sepak bola Jerman dan Spanyol menguasai dunia, setidaknya Eropa.

"Saya tak yakin bahwa tim-tim dari Jerman dan Spanyol sangat dominan. Apa yang kita lihat baru gambaran saat ini. Untuk bisa disebut mendominasi sepak bola dunia, mereka harus menunjukkan penampilan dominan secara stabil dalam beberapa tahun, seperti yang dilakukan Bayern dan Barcelona," jelas Loew kepada media Jerman, Die Welt.

"Saya yakin bahwa sepak bola Inggris, dengan tim seperti Manchester United dan Chelsea, juga akan kembali ke atas. Selain itu, klub-klub Italia juga sedang meningkat dalam dua atau tiga tahun terakhir. Kita tak boleh pula melupakan Paris Saint-Germain," lanjutnya.

Loew juga mengatakan, "Maka, tak bisa diasumsikan bahwa hanya tim Jerman dan Spanyol yang bisa sukses di Liga Champions dalam beberapa tahun ke depan. Jika bisa begitu maka akan menyenangkan, tapi saya ragu itu bisa terealisasi."

"Pada dasarnya, kita harus melihat perkembangan dalam beberapa tahun untuk mengidentifikasi tren yang ada. Tak bisa dilebih-lebihkan bahwa hanya tim Jerman dan Spanyol yang dominan di Liga Champions dalam beberapa tahun terakhir. Tahun ini, mereka memang yang terbaik. Dan, setiap pertandingan bisa jadi mereka yang terbaik," jelasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Bundesliga dan La Liga Bukan Penguasa Dunia

Dengan url

http://benefitsofbeans.blogspot.com/2013/04/bundesliga-dan-la-liga-bukan-penguasa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bundesliga dan La Liga Bukan Penguasa Dunia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bundesliga dan La Liga Bukan Penguasa Dunia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger