IBM Bikin Film Terkecil di Dunia

Written By bopuluh on Rabu, 01 Mei 2013 | 22.58

IBM Bikin Film Terkecil di Dunia

Penulis : Yunanto Wiji Utomo | Kamis, 2 Mei 2013 | 12:43 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Ilmuwan dari IBM pada Rabu (1/5/2013) memngumumkan keberhasilannya membuat "film terkecil di dunia".

Film yang diberi judul "A Boy and His Atom" tersebut menceritakan karakter bernama Atom yang berteman dengan atom tunggal, mengikutinya, menari dan meloncat. Film itu menjelaskan tentang pengetahuan di balik penyimpanan data.

"Menangkap, memosisikan dan membentuk atom untuk membuat film pada level atomik adalah sesuatu yang benar-benar baru," kata Andreas Heinrich, ilmuwan di IBM.

"Film ini adalah cara yang menyenangkan untuk berbagi tentang dunia pada level atomik sekaligus membuka dialog dengan pelajar dan pihak lain pada batas-batas sains dan matematika," ungkap Heinrich.

Film disusun dari ribuan atom yang disusun secara hati-hati dalam 250 frame dengan alat bernama scanning tunneling microscope. Alat bautan IBM itu mengantarkan penelitinya meraih nobel.

"Beratnya 2 ton, beroperasi pada suhu -268 derajat Celsius dan memerbesar atom dengan perbesaran hingga 100 juta kali. Kemampuan mengatur suhu, tekanan dan getaran membuat lab kami menjadi salah satu tempat di dunia yang bisa menggerakkan atom dengan presisi tinggi," kata Heinrich seperti dikutip AFP, Rabu kemarin.

Film buatan IBM ini dimasukkan dalam Guinnes Book of World Records sebagai "World's Smallest Stop Motion Pictures".

Film tersebut menggunakan mikroskop untuk mengontrol jarum super tajam di permukaan tembaga guna menarik atom dan molekul yang ada di permukaan. Jarum dan permukaan hanya punya jarak dalam skala nanometer.

Film ini mencerminkan tantangan dalam penyimpanan data besar saat ini. "Ketika pembuatan dan konsumsi data semakin besar, penyimpanan data harus lebih kecil hingga ke level atomik. Kami mengaplikasikan teknik yang sama untuk mengembangkan arsetektur komputasi baru dan cara alternatif untuk menyimpan data untuk membuat film ini," urai Heinrich.


Anda sedang membaca artikel tentang

IBM Bikin Film Terkecil di Dunia

Dengan url

http://benefitsofbeans.blogspot.com/2013/05/ibm-bikin-film-terkecil-di-dunia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

IBM Bikin Film Terkecil di Dunia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

IBM Bikin Film Terkecil di Dunia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger