Industri Otomotif Penopang Utama Ekonomi Nasional

Written By bopuluh on Rabu, 18 September 2013 | 22.58

Jakarta, KompasOtomotif - Wakil Presiden Boediono mengatakan, otomotif akan maju menjadi tulang punggung industri dan industrialisasi nasional. Hal tersebut disampaikannya ketika meresmikan Indonesia International Motor Show (IIMS) ke 21 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, hari ini (19/9/2013).

"Ada tiga pilar konsep kebijakkan yang kami siapkan untuk menopang kemajuan di bidang industri," tukas wapres.

Pertama, Indonesia kaya akan sumber daya alam dan pertanian. Namun, tidak mungkin berkembang tanpa membangun industri. Konsep memberi nilai tambah pada bahan mentah atau hilirisasi jadi fokus utama.

Industri nasional juga mau memulai huluisasi, salah satunya industri otomotif. "Industrialisasi harus berjalan, bukan hanya di sektor alam," lanjut wapres.

Kedua, lanjut wapres, pilar yang disiapkan adalah memaksimalkan dampak dalam negeri. "Bahasa kerennya multiplayer effect," ujar Wapres. Maksudnya, mampu menciptakan efek berantai seperti menciptakan lapangan pekerjaan baru, baik langsung atau tidak. Kemudian, menciptakan struktur dan jaringan industri pendukung.

"Ternyata otomotif termasuk itu juga. Industri yang punya potensi akar dan ranting banyak sekali. Pendukung banyak, mulai dari bengkel sampai ke pabrik," tambahnya.

Ketiga, pilar global chain. Melihat perkembangan Indonesia sebagai bagian dari mata rantai di pasar global. "Indonesia beruntung bisa memanfaatkan ketiga pilar daripada negera lain. Untuk itu, ketiganya harus dikembangkan selaras," jelas wapres.

Jualan
Wapres juga mengingatkan agar pelaku otomotif tidak sekedar memikirkan penjualan saja di Indonesia. Pemerintah, tegasnya, melalui Kementerian Perindustrian siap mendampingi, membuat struktur yang mantap karena akan jadi tulang punggung perekonomian nasional.

Editor : Aris F. Harvenda


Anda sedang membaca artikel tentang

Industri Otomotif Penopang Utama Ekonomi Nasional

Dengan url

http://benefitsofbeans.blogspot.com/2013/09/industri-otomotif-penopang-utama.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Industri Otomotif Penopang Utama Ekonomi Nasional

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Industri Otomotif Penopang Utama Ekonomi Nasional

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger