Survei: Mayoritas Publik Tak Puas Kinerja SBY-Boediono

Written By bopuluh on Sabtu, 19 Oktober 2013 | 22.58


JAKARTA, KOMPAS.com
- Hasil survei Pol-Tracking Institute menunjukkan, mayoritas responden atau 51,5 persen menyatakan tidak puas terhadap kinerja pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono. Sebanyak 40,5 persen responden menyatakan puas, dan delapan persen tidak tahu.Hasil survei itu dirilis di Jakarta, Minggu ( 20/10/2013 ).

Hadir Direktur Eksekutir Pol-Tracking Institute Hanta Yuda, peneliti Pol-Tracking Aria Budi, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, dan politisi Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin.

Hanta menjelaskan, survei tersebut dilakukan untuk mengevaluasi kinerja empat tahun pemerintahan SBY-Boediono. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka terhadap 2.010 responden di 33 provinsi pada 13-23 September 2013. Margin of error survei itu +/- 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari angka 40,5 persen itu, jika dirinci, sebanyak 35,1 responden mengaku cukup puas dan 4,4 persen sangat puas. Adapun rincian ketidakpuasan, yakni 41,5 persen mengaku kurang puas, dan 10 persen sangat tidak puas.

"Hasil survei ini dipastikan mereferensikan pendapat publik di Indonesia. Harapan kami, kepuasan di atas 50 persen. Tapi ternyata di angka 40,5 persen," kata Hanta.

Hanta mengatakan, hasil survei itu menunjukkan adanya degradasi tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan SBY-Boediono jika dibandingkan dengan hasil survei berbagai lembaga survei.

Survei yang telah dirilis belakangan ini, kata dia, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah di angka sekitar 50 persen.

"Sebenarnya ada degradasi tingkat kepuasan. Tapi kita tidak pakai degradasi, tapi kita pakai stagnasi kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan SBY-Boediono," kata Hanta.

Hanta menambahkan, permasalahan harga kebutuhan pokok merupakan masalah utama dalam empat tahun pemerintahan SBY-Boediono. Sebanyak 57,3 persen responden mengeluhkan tingginya harga bahan-bahan pokok. Sisanya, sebanyak 12,7 persen mengeluhkan kesulitan mencari lapangan kerja, 10,4 persen mengeluhkan mahalnya biaya pendidikan, 5,4 persen mengeluhkan biaya pengobatan, 3,3 persen mengeluhkan sarana transportasi, dan sisanya keluhan lain.

Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Anda sedang membaca artikel tentang

Survei: Mayoritas Publik Tak Puas Kinerja SBY-Boediono

Dengan url

http://benefitsofbeans.blogspot.com/2013/10/survei-mayoritas-publik-tak-puas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Survei: Mayoritas Publik Tak Puas Kinerja SBY-Boediono

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Survei: Mayoritas Publik Tak Puas Kinerja SBY-Boediono

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger