Ini Komentar Presiden soal Harga BBM

Written By bopuluh on Minggu, 07 April 2013 | 22.58

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, pemerintah masih membahas subdisi bahan bakar minyak (BBM). Kebijakan yang akan diambil nantinya, kata Presiden, akan mengurangi subsidi BBM yang terlampau tinggi.

Masalah BBM itu disinggung Presiden SBY ketika membuka musyawarah nasional Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ke IX di Jakarta, Senin ( 8/4/2013 ).

Ketika itu, Presiden menjawab sikap Apindo yang mendukung kenaikan harga BBM untuk kepentingan nasional. Sikap tersebut disampaikan Ketua Apindo Sofjan Wanandi.

Presiden mengatakan, salah satu solusi mengurangi subsidi BBM adalah menaikkan harga BBM. Namun, kata Presiden, masih dipertimbangkan apakah kenaikan harga BBM itu dipukul rata atau hanya untuk masyarakat yang tidak patut menikmati subsidi.

"Poin saya, orang miskin harus dilindungi, tapi makro ekonomi dan fiskal kita sehat. Subsidi jadi adil dan tepat sasaran. Dunia usaha silahkan memberikan pandangan. Tapi jelas prioritas kami tahun ini dan tahun depan fiskal jadi lebih sehat," kata Presiden.

Presiden menambahkan, pengalaman sebelumnya, jika harga BBM naik, inflasi juga akan meningkat. Peningkatan inflasi itu berimbas peningkatan angka kemiskinan. Ketika kenaikan tiga kali harga BBM pada 2005 dan 2008 , cerita Presiden, harga-harga melambung tinggi melebihi hitung-hitungan pemerintah.

"Dengan BBM naik sekian ribu, mestinya harga jual satuan barang atau jasa naiknya juga segitu. Tapi naikknya tinggi dibanding hitung-hitungan komponen BBM. Ini fakta. Sehingga kemiskinan naik 3 sampi 4 persen," kata Presiden.

"Untuk turunkan kembali (kemiskinan), diperlukan 3-4 tahun. Tetapi ketika harga BBM kita turunkan 3 kali, tahun 2008 dari Rp 6.000 jadi Rp 5.500, lalu Rp 5.000, kemudian Rp 4.500, mestinya harga-harga turun. Tapi itu tidak terjadi. Jadi, elektisitas harga barang dan jasa terhadap harga BBM itu rendah sekali. Hampir tidak ada," tambah Presiden.

Editor :

Inggried Dwi Wedhaswary


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Komentar Presiden soal Harga BBM

Dengan url

http://benefitsofbeans.blogspot.com/2013/04/ini-komentar-presiden-soal-harga-bbm.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Komentar Presiden soal Harga BBM

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Komentar Presiden soal Harga BBM

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger