Menhut: Tak Mudah Beri Penjelasan ke Harrison, Dia Emosional

Written By bopuluh on Senin, 09 September 2013 | 22.58


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengeluhkan sikap aktor Hollywood Harrison Ford saat melakukan wawancara dengannya terkait proyek pembuatan film dokumenter di Indonesia. Zulkifli menuturkan, dalam wawancaranya dengan Ford, aktor tersebut menilai hutan Indonesia sudah rusak parah, taman nasional dirambah dan pelakunya tidak ditangkap, serta ada izin restorasi ekosistem (RE) belum keluar.

"Saya memahami orang Amerika ini baru datang ke tempat kita melihat Tesso Nilo dan maunya yang melanggar ya ditangkap hari ini juga. Tidak mudah menjelaskan kepada Harrison. Dia emosional. Tadi saat wawancara emosinya tinggi. Saya maklum dengan kecintaan dia terhadap satwa, lingkungan, dan rain forest Indonesia," katanya usai pertemuan dengan Harrison Ford,  seperti dikutip dari Antara.

Lalu Zulkifli menjelaskan kepada Ford bahwa kerusakan hutan di Indonesia ini ditangani bertahap. Kebijakan untuk menindak perambah tidak lagi dengan kekerasan, tetapi dengan kesejahteraan seperti menyediakan lahan untuk usaha agar para perambah tidak lagi merambah hutan.

"Waktunya terbatas untuk menjelaskan. Saya hanya diberi kesempatan bicara satu-dua kalimat. Harusnya sebelum wawancara tadi, berdiskusi dulu, walaupun beda pengertian tapi bisa saling memahami. Tadi, saya langsung di-make up dan akting diwawancara," kata Menhut.

Meski demikian, Zulkifli menegaskan dirinya tidak khawatir apabila hasil tayangan yang dibesut Ford akan menjelekkan Indonesia.

"Sekarang orang bebas saja, kalau enggak boleh meliput kan bisa cari di mana saja. Tidak ada yang kami tutup-tutupi," ujarnya.


Sementara itu, awak media baik elektronik maupun cetak yang telah menunggu hasil pertemuan tersebut ternyata harus kecewa karena Harrison Ford langsung meninggalkan Kementerian kehutanan dan enggan diwawancara padahal sudah ditunggui selama tiga jam. Acara menanam pohon yang sudah disiapkan di lingkungan Kementerian Kehutanan pun batal dilakukan. 

Harrison disebut berulah

Sebelumnya, seperti dikutip dari Tribunnews, pemain film Indiana Jones itu mendatangi Kementerian Kehutanan, Jakarta, untuk melakukan wawancara film dokumenter berjudul Years of Living Dangerously tentang perubahan iklim di Riau. disebut membuat kesal Zulkifli sehingga keduanya sempat bersitegang.

Menurut Staf Khusus Presiden, Andi Arief, Zulkifli tersinggung dengan ulah tak sopan aktor kenamaan itu.

"Menteri Kehutanan tadi bercerita saat Harrison Ford, aktor pemeran Indiana Jones, datang ke kantornya mewawancarai dirinya," kata Andi dalam tulisan di Facebook beberapa jam yang lalu.

Andi Arief mengatakan, Menhut sempat menceritakan kepadanya bahwa sebagai tuan rumah yang baik, dia berharap ada diskusi kecil sebelum pengambilan gambar wawancara karena belum pernah bertemu sebelumnya.

"Menhut kaget tanpa ada pembicaraan sedikit pun begitu rombongan masuk langsung ambil gambar dan wawancara seperti orang emosional dan pertanyaannya menyerang," kata Andi Arief.

Menurut Andi Arief, Menhut mengatakan bahwa wawancara seperti itu biasa dihadapinya. Namun, dia juga mempertanyakan etika wawancara untuk sebuah film.

"Menhut juga bercerita sejak di ruang tunggu, ada gelagat tidak sopan," tambahnya.

Andi Arief menambahkan, dari CCTV terlihat Harisson Ford naik ke meja ruang tunggu dan melompat berkali-kali.

Editor : Caroline Damanik


Anda sedang membaca artikel tentang

Menhut: Tak Mudah Beri Penjelasan ke Harrison, Dia Emosional

Dengan url

http://benefitsofbeans.blogspot.com/2013/09/menhut-tak-mudah-beri-penjelasan-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Menhut: Tak Mudah Beri Penjelasan ke Harrison, Dia Emosional

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Menhut: Tak Mudah Beri Penjelasan ke Harrison, Dia Emosional

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger