Pemilu 2014 Gunakan Rekapitulasi Elektronik

Written By bopuluh on Rabu, 09 Oktober 2013 | 22.58


JAKARTA, KOMPAS.com - Rekapitulasi suara pada Pemilu 2014 mendatang akan dilakukan secara elektronik. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggandeng Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT) untuk menerapkan teknologi yang dinamakan E-Rekapitulasi. Kerja sama ini juga melibatkan Badan Pengawas Pemilu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). 

Kepala BPPT Marzan A. Iskandar mengatakan, DKPP siap untuk mewujudkan E-Rekapitulasi. Meski waktu yang tersisa hanya beberapa bulan menjelang Pemilu, menurutnya, E-Rekapitulasi bisa diselesaikan sebelum Pemilu 2014.

Ia menjelaskan, dengan E-Rekapitulasi, penghitungan suara dapat dilakukan dengan waktu cepat, tepat, dan akurat. E-Rekapitulasi ini, katanya, juga dapat menjamin transparansi karena hasilnya langsung ditayangkan dalam sebuah situs. Suara yang masuk juga akan menghasilkan jejak audir sehingga proses pengauditan akan lebih mudah dilakukan.

"Jadi kemungkinan adanya manipulasi lebih kecil," kata Marzan, seusai penandatanganan nota kesepahaman dengan Ketua KPU, Bawaslu dan DKPP, di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (10/10/2013).

Sementara itu, Ketua DKPP Jimly Asshiddiqi mengaku akan melakukan konsolidasi terlebih dahulu kepada pihak yang berwenang seperti Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Terutama terkait teknis pelaksanaan E-Rekapitulasi.

"Kita harapkan tidak ada hambatan, sehingga Pemilu 2014 nanti bisa berjalan lebih baik dengan penerapan Iptek ini," kata Jimly.

Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Anda sedang membaca artikel tentang

Pemilu 2014 Gunakan Rekapitulasi Elektronik

Dengan url

http://benefitsofbeans.blogspot.com/2013/10/pemilu-2014-gunakan-rekapitulasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemilu 2014 Gunakan Rekapitulasi Elektronik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemilu 2014 Gunakan Rekapitulasi Elektronik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger